Skip to main content

Mie Ramen


Pada saat ini perkembangan wisata kuliner semakin marak digemari oleh setiap kalangan masyarakat di Indonesia sehingga menjadi sebuah peluang besar bagi makanan-makanan moderen untuk masuk karena makanan moderen lebih bisa menarik perhatian masayarakat dan membuat semakin penasaran dengan tampilan luarnya.

Salah satu makanan luar yang moderen masuk ke ranah perkulineran indonesia adalah makanan khas jepang yaitu mie ramen. Semenjak pertama kali kedatangannya ke negara indonesia makanan ini sudah banyak peminatnya entah mungkin karena penasaran ingin mencicipi makanan luar negeri atau karena alasan lain, yang jelas bahwa ramen menjadi salah satu makanan kekinian yang populer. Jepang sendiri sudah menjadi negara maju yang didambakan banyak masyarakat untuk hidup di dalam negara tersebut.

Dengan populernya makanan jepang yaitu ramen membuat peluang usaha bagi beberapa orang untuk membuka restoran atau rumah makan khas jepang atau di restoran biasa namun menyediakan menu ramen. Di jepang sendiri ramen sudah memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat jepang sehingga dibuat museum ramen yang memuat seputar sejarah ramen dan perkembangan ramen bisa terkenal seperti sekarang.

Ramen sendiri memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan olaha mie lainnya yaitu mie yang dibuat dengan tangan sendiri dan dicelupkan ke dalama kaldu ayam maupun sapi. Bumbu yang digunakan ialah bubuk cabai jepang, cabai yang diasinkan, minyak bawang putih dan bahan lain agar cita rasa ramen menjadi lengkap, bagi penyuka makanan pedas ramen adalah salah satu makanan yang mesti dijadikan pilihan.

Dalam penyajian ramen biasa ditambahkan dengan bawang goreng, irisan daun bawang, daging, telur rebus, dan berbagai tambahan lain yang bisa ditambahkan sesuai dengan selera bahkan kini sudah banyak dilakukan inovasi bahan tambahan ramen agar semakin menarik dan banyak peminatnya.

Di indonesia ramen menjadi salah satu makanan khas jepang yang paling populer dan banyak dicari. Ramen menjadi salah satu makanan yang kekinina dan peminatnya banyak dari kalangan anak muda dan remaja lain, kalau di indonesia sendiri mie yang menjadi andalan adalah seperti mie ayam.