Skip to main content

Empal Gentong, Salah Satu Kuliner Khas Nusantara Yang Banyak Digemari


Dewasa ini banyak yang mencari kuliner sebagai salah satu bidang yang paling dibutuhkan untuk memenuhi keinginan semua kalangan msayarakat, biasanya setiap datang waktu atau jam makan setiap masayarakat akan mencari makanan yang menarik dan bukan hanya itu-itu saja. Apalagi jika makanan itu terbilang unik pasti akan semakin membuat penasaran banyak orang. Namun yang semakin erlupakan adalah makana khas daerah yang kini posisinya semakin tertinggal oleh makanan kekinian yang datang dan diburu banyak masayarakat.

Namun meskipun seperti itu makanan daerah memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat salah satunya makanan khas cirebon yaitu empal gentong, konon katanya dahulu kala empal gentong merupakan makanan khas orang arab, pada pengolahannya pun zaman dulu masih menggunakan tungku dan masih sederhana. Dalam olahan empal gentong ini ditambah dengan makanan pendamping seperti kuah asam, usus, babat dan daging sapi.

Di atas sajian empal gentong biasanya ditaburi dengan bawang goreng dan daun bawang. Empal gentong sangat sesuai bila dimakan ketika jam makan siang, makanan khas cirebon yang menggugah selera ini menjadi salah satu pilihan alternatif ketika perut kosong. Cara memasak empal gentong yang terbilang unik adalah dengan menggunakan kayu bakar dan sebuah periuk yang terbuat dari tanah liat yang di sebut dengan nama gentong.

Kepercayaan orang cirebon ketika memasak empal gentong ialah harus memilih kayu bakar yang berasal dari pohon mangga agar pemasaknnya memiliki cita asa yang sempurna. Memaska empal gentong membutuhkan waktu yang cukup lama sekita empat sampai lima jam. Bagi yang suka dengan pedas bisa dicampur dengan sambal ketika empal gentong ini sudah disajikan dan siap disantap.

Karena cara pengolahnnya yang menggunakan gentong maka makanan ini disebut dengan empal gentong. Sudah menjadi ciri khas warga cirebon ketika memasak makasan empal ini dan inilah yang menjadi salah satu daya tarik masarakat yang melihat dan berkunjung ke tempat-tempat yang menjual empal gentong oleh karena itu makanan tradisional ini memiliki tempat tersendiri do hati masarakat.

Oldest Post