Skip to main content

Mengenal Curug Seribu Batu


Curug seribu batu ialah air terjun yang berada di dekat makam raja-raja mataram Imogiri yogyakarta. Yogyakarta sendiri adalah salahsatu kota dengan potensi wisata yang tak pernah sepi, warga setempat menjadikan curug ini sebagai kawasan wisata baru di daerah Imogiri.

Curug ini cukup menarik untuk didatangi oleh karena itu warga sekitar membuat tempat wisata di curug ini. Curug seribu batu awalnya bernama curug cengkehan karena terdapat di dusun cengkehan tapi akhirnya agar lebih menarik curug ini di beri nama curug seribu batu karena di sekitar curugnya sendiri banyak terdapat batu-batu berukuran kecil maupun besar.

Konon pada jaman dahulu terjadi letusan gunung api purba nglanggeran yang membuat batu bertebaran disana jutaan tahun yang lalu sehingga dinamakanlah curug seribu batu dengan ketinggian 8 meter dan kolam dibawahnya yang mencapai kedalaman 1 meter, kolam yang nyaman dan cocok untuk bermain air bersama keluarga, teman, atau pasangan.

Curug inipun sangat instragamable banget jadi bagi kalian yang suka foto-foto kalian bisa mengunjungi curug ini. Jika kalian ingin mengunjungi curug ini, kalian bisa menempuhnya dari kota jogja jalan imogiri timur sampai ke pertigaan desa wukirsari terus di tempuh sampai ke area makam sultan cirebon, dari sana kita memakai jalan setapak untuk sampai ke curug.

Sebelum adanya jalan setapak biasanya ditempuh dengan menyusuri sungai yang tak jauh dari sana. Sesampainya disana kalian akan disuguhkan dengan pemandangan indah dari curug dengan seribu batu tersebut. Kondisi yang sangat menenangkan mata ini akan menyambut kalian dengan air yang masih jernih, udara yang masih sejuk, pohon yang masih rindang,dan hijau sangat terlihat alami.

Dengan kondisi seperti ini sangat baik untuk merefresh lagi tubuh kita karena seharian bekerja karena kondisi iklim yang sangat mendukung untuk beristirahat . para pengunjung pun harus selalu menjaga kebersihan di sekitar curug dan makam juga pedesaan agar ke alamian dari keindahan ini selalu terjaga.