Skip to main content

Grontol Jagung, Makanan Tradisional Khas Nusantara Yang Melegenda


Banyak sekali masyarakat Indonesia yang menekuni bidang kuliner bahkan banyak di telvisi membuat acara kuliner, menjelajahi makanan moderen sampai ke makanan tradisional yang belum banyak diketahui oleh masayarakat. Salah satu makanan tradisional yang akan dibahas ialah Grontol Jagung, makanan ini adalah makanan ringan tradisional yang mungkin sekarang sudah jarang ditemukan.

Grontol jagung merupakan makanan yang dibuat dari jagung dan dicampur dengan parutan kelapa. Banyak yang menikmati makanan ini karna rasa yang khas dan pengolahannya yang cukup unik yaitu dengan merebus jagung dengan air kapur sirih setelah itu jagung dikukus dengan pandan lalu ditambah garam secukupnya, terkadang grontol jagung disajikan dengan makanan pendamping seperti candil atau kue kenyal berwarna-warni yang terbuat dari tepung tapioka, setelah itu ditambahkan kelapa muda dan gula pasir.

Jajanan yang sederhana namun enak dan menyehatkan, kaya akan rasa kelapa dan jagung yang membuat jajanan ini manis ketika dimakan. Namun kini jajanan sederhana itu sudah jarang dijumpai bahkan hanya sesekali dapat menemukan pedagang yang menjual grontol jagung.

Di setiap daerah pastinya nama makanan ini berbeda-beda namun yang terkenal adalah grontol jagung yang sering dijumpai di daerah jawa tengah seperti kota yogyakarta dan solo, kalau di daerah sundah grontol jagung ini sering disebut dengan gongsir namun beda nama tetap satu jenis makanan.

Cara penyajian yang unik disajikan di atas daun pisan ini tetntunya menjadi salah satu ciri khas yang menjadi daya tarik tersedniri bagi grontol jagung, meskipun banyak makanan kekinian yang juga berbahan dasar jagung namun grontol jagung tetap tidak bisa tergantikan, rasanya pandannya yang khas juga mengenyangkan ini tidak dapat lagi dipungkiri sebagai jajanan tradisional yang mestinya dilestarikan dan dikenalkan lebih jauh kepada anak muda jaman sekarang.

Pada zaman dahulu grotol jagung digunakan sebagai makanan pokok pengganti nasi oleh karena itu pantas saja ketika menyantap grontol jagung sudah mengenyangkan. Banyak juga yang memesan grontol jagung lengkap dengan minumannya seperti es dawet selasih, itu tergantung selera mau seperti apa dihidangkannya.