Skip to main content

Keindahan Pesona Candi Plaosan


Pada musim liburan tentunya kita akan menentukan akan mengahabiskan waktu liburan untuk pergi ke tempat-tempat wisata ataupun hanya dia saja di rumah namun kebanyakan orang akan pergi ke tempat liburan yang menarik dan unik , bahkan tak jarang orang-orang pergi ke tempat-tempat edukasi untuk liburan dan sekaligus menambah wawasan.

Salah satu kota di Jawa Tengah yaitu Kalasan menyimpan tempat-tempat bersejarah yang mungkin juga beberapa tempat tersebut belum banyak diketahui oleh masyarakat luas oleh karena itu adanya media sosial adalah tempat untuk mengenalkan situs-situs budaya serta tempat wisata yang mengedukasi.

Tempat di Kalasan yang mengedukasi adalah Candi Plaosan. Pada zaman dahulu kala candi ini sudah ada dan dibangun oleh bangsa pada jaman kerajaan Pikatan. Konon katanya candi ni dibangun oleh seorang perempuan keturunan bangsawan yang juga dibantu oleh sang suami untuk mengakan candi plaosan, diceritakan bahwa keduanya menganut agama yang berbeda, namun karena kekuatan cinta mereka tetap bersatu dan candi plaosan ini menjadi saksi bisu ikatan cinta suci dari keduanya.

Perkembangan candi plaosan dengan latar belakang sejarah yang begitu kuat membuat masyarakat setempat percaya bahwa jika ada pasangan yang datang ke candi plaosan maka pasangan tersebut akan langgeng, namun mitos adalah sebuat cerita yang belum terbukti kebenarannya. Kawasan candi mrupakan cagar budaya yang dilestarikan oleh pemerintah sehingga bila ada kerusakan sedikit saja langsung dibenahi.

Salah satu kekayaan indonesia ini menarik perhatian masyarakat indonesia dengan cerita sejarahnya dan keindahan bentuk candi. Jika kita pergi ke candi plaosan maka kita akan mendapati candi tersebut adalah dua pasang candi yang berhadapan, di tengah antara kedua candi tersebut terdapat sebuah pendopo.

Banyak pedagang kaki lima yang berjualan di kawasan candi plaosan yang juga menjadi saksi bahwa perkembangan candi plaosan kini semakin pesat dan keberadannya semakin populer. Selain itu candi plaosan memiliki banyak spot foto yang bagus dan menarik tak heran bila banyak anak muda yang juga berdatangan ke candi plaosan ini.